Pengertian Perubahan Sosial dan Proses Sosial Lengkap Daftar Pustaka

Perubahan sosial merupakan gejala perubahan dari suatu keadaan sosial tertentu ke suatu keadaan sosial lain. perubahan sosial pasti memiliki suatu arah dan tujuan tertentu. Pengaruh perubahan sosial hanya dapat diketahui seseorang yang sempat mengadakan penelitian susunan dan kehidupan suatu masyarakat pada saat tertentu, yang kemuadian dibandingkan dengan keadaan pada waktu yang lain. perubahan sosial dapat berupa suatu kemajuan (progreess) atau sebaliknya dapat berupa suatu kemudian (regress). Perubahan sosial tidak hanya membawa pengaruh positif bagi kehidupan masyarakat, tetapi juga berdampak negatif. Bagi seseorang pendidik/guru, pengetahuan tentang perubahan sosial dan pendidikan serta sebagai dinamika perubahan sosial, diperlukan sebagai upaya antisipatif dan responsif terhadap perubahan tersebut yang diharapkan berdampak positif dalam proses pembelajaran.

Proses Sosial dan perubahan Sosial 

Perubahan sosial adalah proses di mana terjadi perubahan struktur dan fungsi suatu sistem sosial. setiap masyarakat senantiasa berada dalam proses sosial. Dengan perubahan sosial juga merupakan gejala yang melekat di masyarakat yang dapat diketahui dengan membandingkan keadaan masyarakat pada suatu waktu dengan keadaan masyarakat pada masa lamapau. Misalnya si beberapa masyarakat indonesia umumnya (pada masa lalunya), suami merupakan posisi yang sangat dominan dalam berbagai urusan dalam kehidupan keluarga, sehingga apabila suami itidak bekerja atau tidak mempunyai penghasilan, suatu keluarga secara ekonomi akan mengalami lumpuh. Dalam perkembangannya, pada masyrakat modern sekarang suami tidak selalu merupakan posisi yang menentukan jalannya kehidupan keluarga.

Ilustrasi Gambar perubahan Sosial

Struktur sosial merupakan bentuk jalinan di antara unsur unsur sosial yang pokok dalam masyarakat yang menunjukkan pada bentuk keseluruhan jaringan hubungan antarindividu dalam masyarakat dimana terjalin interaksi dan komunikasi sosial. Sedangkan sistem sosial menunjukkan pada bagaimana hubungan antara unsur unsur sosial dalam masyarakat sehingga membentuk suatu kebulatan (totalitas) yang berfungsi.

Artikel Lain :  Pengantar Logika : Pengertian Logika dan Manfaatnya secara Ilmu Filsafat

Perubahan sosial dapat dikatakan bahwa perubahan pada segi struktural masyarakat seperti popla pola perilaku dan pola interaksi antar anggota masyarakat; peruabahan pada segi kultural masyarakat; perubahan di berbagai tingkat kehiduapan manusia mulai dari tingkat masyarakat dunia; perubahan yang dapat menimbulkan ketidakseimbangan (disequilerisme) dalam sistem masyarakat.

Referensi:

idi, Abdullah. 2011, Sosialogi Pendidikan, Rajawali pers: Jakarta

Silahkan di bagikan .. Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestPrint this page
Pengertian Perubahan Sosial dan Proses Sosial Lengkap Daftar Pustaka | admin | 4.5

Leave a Reply