Pengertian Pencitraan (Citra) Lingkungan Menurut Pakarnya

Layarpustaka.com-Banyak hal yang dapat dilakukan dalam mencari referensi mengenai apa itu citra atau pencintraan, diantaranya dengan membaca buku tentang pengertian citra seperti buku fisika lingkungan, buku lingkungan dan AMDAL, dan sebagainya. Ada pula cara menemukan suatu penjelasan dengan mengunjungi situs situs pendidikan seperti halnya situs ini.  terima kasih sebelumnya telah mempercayai kami untuk memenuhi kebutuhan anda untuk mencari apa itu pengertian Citra atau Pencitraan.

Referensi Pihak ketiga

Ada beberapa pengertian citra menurut para pakar antara lain:

1. Pengertian citra menurut hornby (1974) mengatakan bahwa citra adalah:

a. Suatu keserupaan atau tiruan seseorang atau sesuatu barang, terutama yang dibuat dari kayu, batu dsb.

b. Suatu gambaran mental atau gagasan, konsep tentang suatu barang atau seseorang.

c. suatu gambaran yang tampak pada cermin atau melalui lensa kamera.

2. Simonett et al (1983) mengutarakan pengertian citra yaitu:

a. Gambaran objek yang dibuahkan oleh pemantulan atau pembiasan sinar  yang difokuskan sebuah lensa atau  cermin.

b. gambaran rekaman suatu objek (biasanya gambran berupa gambaran pada foto) yang dibuahkan dengan cara optik, elektro optik, optik mekanik, atau elektronik.

       Pada umumnya ia digunakan bila radiasi elektromagnetik yang dipancarkan atau di pantulkan dari suatu objek tidak langsung direkam pada flim. Didalam bahasa inggris ada dua istilah yang masing masing diterjemahkan dengan citra, yaitu image dan imagery. Untuk membedakannya dikemukakan batasannya menurut Ford (1979) yaitu:

a. Image adalah gambaran suatu objek atau suatu perwujudan suatu imege pada umumnya berupa sebuah peta gambar, atau foto.

b. Imagery ialah gambaran visual tenaga yang direkam dengan menggunakan piranti penginderaan jauh.

Artikel Lain :  Pengertian, Contoh dan Rumus Azas Black pada Fisika

Bila kita berpegang pada batasan atau definisi ini maka penggunaan istlah image bagi citra pengindaraan jauh tidak salah akan tetapi penggunaan istilah imagery jauh lebih benar. Didalam pustaka berbahasa inggris, baik istilah image amaupun imagery sama sama sering di gunakan.

Referensi :

Patandean AJ. 2006. Fisika Lingkungan. Makassar: Badan penerbit UNMb

Semoga artikel ini memberikan manfaat kepada semua pembaca situs ini. Dukung situs ini agar tetap eksis di halayat membaca dengan Sukai Fanspage dan bagikan artikel ini. Salam Literasi.