Pengertian Besaran Vektor dan Skalar serta Jenisnya

Pada bab sebelumnya (postingan blog ini) kita telah memahami masalah besaran dan satuan serta analis dimensi. Pada postingan kali ini kita akan membahas masalah besara vektor dan besaran skalar.

  • BESARAN SKALAR

Besaran skalar yaitu besaran yang hanya memiliki besar nilai saja dan tidak memiliki arah. Misalnya Fandi menimbang berat badannya (54 Kg), maka dia hanya perlu menyebutkan besar nilai nya saja atau bila ia mengukur tinggi badannya maka iya hanya perlu menyatakan besar nilainya saja misalkan (168 cm). Adapun beberapa besaran yang termaksud dalam besaran skalar iyalah massa, panjang, suhu, waktu, masa jenis dan seterusnya.

  • BESARAN VEKTOR

Besaran vektor merupakan besaran yang memiliki nilai dan arah. Misalnya pada suatu hari Atabik diputuskan oleh pacarnya, karna sakit hati dan putus asa dia kemudian melompat dari gedung Phinisi lantai 3. Atabik pastinya akan jatuh ke tanah (bawah) akibat adanya pengaruh gaya gravitasi bumi dengan kecepatan tertentu (lihat gambar dibawah). Dari contoh diatas dapat dikatakan bahwa gaya gravitasi dan kecepatan merupakan besaran yang termaksud kedalam besaran vektor.

Pada beberapa buku ada yang menulis vektor menggunakan huruf kecil (a) dengan tanda panah diatasnya dan ada juga yang menggunakan huruf besar (A) dengan tanda panah juga diatasnya.

Tabel besaran vektor dan skalar

Komponen Vektor

Komponen vektor merupakan hasil proyeksi sebuah vektor terhadap sumbu-sumbunya (sumbu x,y,z). Misalkan sebuah vektor yang berada pada bidang datar yang membentuk sudut α terhadap sumbu X (perhatikan gambar dibawah ini). Vektor tersebut jika diproyeksikan terhadap sumbu X dan sumbu Y akan memiliki komponen-komponen vektor terhadap sumbu-sumbu tersebut, yaitu Fx dan Fy. θ

Operasi Vektor

Dalam penggunaan vektor, dua buah vektor atau lebih dapat dijumlah, dikurang, dikalikan atau dibagi. Kegiatan ini disebut Operasi vektor. Penjumlahan dan pengurangan Vektor. Menjumlahkan dan mengurangkan Vektor dapat ditempuh dengan 2 (dua) cara yaitu :

Artikel Lain :  Galaxy S7 Diluncurkan Maret 2016?

1. Metode grafis seperti metode Polygon, Jajaran Genjang dan Segitiga
2. Metode Analitis, yaitu menguraikan vektor2 yang ada terhadap sumbu X dan
sumbu Y, Hasil dari penjumlahan vektor-vektor disebut Resultan Vektor (R)