Pengantar Logika : Pengertian Logika dan Manfaatnya secara Ilmu Filsafat

Layarpustaka.com-Kata Logika atau Logis begitu sering terdengar di telinga kita. Kata logis dipakai dalam arti yang sama dengan masuk akal, dapat dimengerti. Untuk mengerti apa sesengguhnya logika, kita harus mempelajarinya secara teratur dan sistematis. Mempelajari logika berarti mempelajari metode metode dan prinsip prinsip yang dipakai untuk membedakan penalaran yang tepat (valid) dari penalaran yang tidak tepat. Itu tidak berarti bahwa mempelajari logika merupakan satu satunya cara yang membuat bernalar secara tepat. Dengan hal itu, sesorang yang sudah mempelajari logika lebih mudah bernalar secara tepat akurat daripada kalau dia tidak pernah mempelajari logika. Mengapa demikian, nah mari kita kupas sedikit mengenai apa sih penting berlogika dan apa kah pengertian logika itu ?

Pertama : Studi yang tepat atas logika yang akan mendekatinya sebagai suatu ilmu dan dia akan mengerjakan pelatihan pelatihan yang berkaitan dengan teori teori yang dipelajari. dalam hal ini, praktik akan membuat mampu bernalar secara tepat.

Kedua : dalam studi logika, kita membuat kajian-kajian dan dan analitis atas kesesatan-kesesatan atau kesalahan-kesalahan dalam hal bernalar.

Ketiga : Studi logika akan memberikan teknik tertentu yang dapat menerapkan metode-metode dengan mudahuntuk menguji kebenaran dari bermacam-macam penalaran yang berbeda, termasuk penalaran kita sendiri. Pengetahuan ini sangat berguan karena kesalahan-kesalahan dengan mudah diketahui. Dengan demikian masalah dan kesalahan bisa dihindari.

Keempat : keinsyafan akan adanya kesulitan kesulitan mendorong orang untuk memukirkan caranya ia berpikir, serta menilit asas-asas, hukum-hukum yang harus mengatur pemikiran-pemikiran manusia agar dapat mencapai

Perlu kita ketahui dan mencatat bahwa logika tidak memberikan jaminan bahwa kita akan selalu sampai pada kebenaran karena kepercayaan-kepercayaan yang menjadi titik tolak kita kadang kadang salah. Namun, dengan mengikuti prinsip-prinsip penalaran yang tepat kita tidak perlu mengulang kesalahan- kesalahan yang pernah kita lakukan. Jadi, timbullah suatu ilmu yang disebut  ‘LOGIKA’. Sebagai pelopor ilmu logika adalah Aristoteles (358-322 SM) dengan karyanya terkenal dengan judul To Organon.dengan demikian yang diulas diatas adalah manfaat secara umum belajar logika 

Artikel Lain :  Hipotesis The Fermi Paradox Part I

Apakah itu Logika???

Istilah Logika berasal dari bahasa yunani, logos artinya Sabda, pikiran, ilmu. Secara etismologi, logika merupakan ilmu tentang pikiran atau ilmu menalar dan berpikir. Sejak zaman dulu, logika diajarakan di sekolah dan Universitas sebagai pegangan dan bekal dalm usaha menggali ilmu serta meningkatkan kemandirian intelektual dan rohani seseorang.

logika sering didefinisikan sebagai ilmu tentang hukum hukum pemikiran. Namun, sepertinya dikemukakan oleh irving M. Copi definisi ii tidak akurat. Ada dua alasan yang dikemukakannya pertama, pemikiran merupakan suatu proses yang dipelajari oleh pakar psikologi. logika bukan merupakan ilmu tentang pemikiran, karena psikologi juga merupakan suatu ilmu yang berkaitan dengan hukum hukum pemikiran. Lagi pula logika bukan merupakan suatu cabang dari psikologi. lapangan studi logika berbeda dengan lapangan studi psikologi.

Logika juga di definisikan sebagai ilmu pengetahuan dan kecakapan untuk berpikir lurus (tepat). Defenisi ini menekakan dua hal pertama logika sebagai ilmu pengetahuan ; kedua logika sebagai logika sebagai ilmu kecakapan. Sebagai ilmu pengetahuan logika merupakan kumpula pengetahuan yang tersusun secara sistematis sehingga membentuk suatu kesatuan serta memberikan penjelasan tentang metode metode dan prinsip-prinsip pemikiran yang tepat. Agar dapat berpikir secara tepat dan benar, logika menyelidiki, merumuskan dan menerapkan hukum hukum pemikiran yang tepat itu.

Referensi :

R. Jacobus, 2015 Dasar dasar Logika: Alphabeta, Bandung

Kunjugi terus www.layarpustaka.com temukan artike artikel terbaik anda. website kebutuhan pelajar dan pencari ilmu

 

Silahkan di bagikan .. Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestPrint this page
Pengantar Logika : Pengertian Logika dan Manfaatnya secara Ilmu Filsafat | admin | 4.5

Leave a Reply