Jenis Sensor Pada Smartphone

Jenis Sensor Pada Smartphone

FISTEK.NET, Jakarta – Smartphone saat ini adalah perangkat kecil yang luar biasa. Banyak hal bisa dilakukan berkat bantuan perangkat ini, mulai dari sekadar memutar musik, menonton video, berkirim email hingga menyetelnya sebagai hotspot portabel.

Namun tahukah Anda bahwa smartphone dibekali berbagai sensor dengan fungsinya masing-masing? Untuk itu, berikut ini ulasan mengenai macam-macam sensor yang ada di smartphone, sebagaimana dihimpun dari Phone Arena, Rabu (23/12/2015).

Akselerometer

Mari kita mulai dengan satu sensor yang paling umum digunakan, yakni akselerometer. Sensor ini digunakan untuk mendeteksi orientasi perangkat.

Contoh riil penggunaan akselerometer adalah ketika Anda mengubah modus layar, dari tegak (portrait) ke mendatar (landscape), atau ketika Anda memainkan permainan balapan yang dikemudikan dengan cara memiringkan perangkat Anda (tilt).

Giroskop

Giroskop merupakan sensor yang juga dapat memberikan informasi orientasi dari sebuah perangkat, mirip dengan akselerometer, tapi dengan lebih presisi, yang berdasarkan pada prinsip momentum sudut.

Bedanya, akselerometer dipengaruhi gravitasi, sedangkan giroskop tidak. Bukan hanya itu, giroskop juga menambahkan dimensi tambahan untuk informasi yang diberikan oleh akselerometer dengan melacak rotasi atau perputaran perangkat.

Magnetometer
Sensor berikutnya yang juga cukup banyak ditemukan di smartphone adalah magnetometer. Dari namanya, bisa ditebak bahwa sensor ini mampu mendeteksi medan magnet.

Magnetometer merupakan salah satu sensor yang digunakan aplikasi kompas di smartphone untuk mengarah pada kutub utara bumi. Aplikasi yang dibuat untuk mendeteksi logam juga menggunakan sensor ini.

Silahkan di bagikan .. Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestPrint this page
Artikel Lain :  Komputer Kuantum: Teknologi Fisika dalam Bidang Kuantum
Jenis Sensor Pada Smartphone | admin | 4.5

Leave a Reply