Jarak dan Perpindahan – Gerak Lurus


FISTEK.NET – Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat orang yang berjalan, mobil yang melaju, apel jatuh dari pohonnya dan lain sebagainya. Semua peristiwa itu merupakan contoh dari gerak. Suatu benda dikatakan bergerak apabila kedudukannya senantiasa berubah terhadap suatu titik acuan tertentu. Contohnya, seorang pembalap sepeda motor yang sedang melaju pada lintasan dikatakan bergerak terhadap orang yang menonton dipinggir lintasan.
Kali ini kita akan membahas tentang jarak dan perpindahan. Apakah perbedaan antara jarak dan perpindahan??
Dalam ilmu fisika, jarak dan perpindahan merupakan 2 hal yang berbeda. Jarak merupakan angka yang menunjukkan seberapa jauh suatu benda berubah posisi melalui suatu lintasan tertentu. Dalam teori fisika atau dalam pengertiansehari-hari, jarak dapat berupa estimasi jarak fisik dari dua buah posisi berdasarkan kriteria tertentu, misalnya jarak tempuh antara Makassar-Toraja. Perpindahan adalah perubahan posisi suatu benda. Perpindahan merupakan besaran vektor, besaran fisika yang mempunyai besar dan arah.
Perhatikan gambar berikut:

Misalkan posisi awal adalah titik A dan posisi akhir adalah titik B. Apabila Fatur berjalan melalui lintasan bergaris biru dari titik A ke Titik B maka dapat dikatakan itu adalah jarak dan apabila Fatur berjalan melalui garis hitam maka ini dapat dikatakan perpindahan. Besar jarak yang ditempuh (jarak tempuh) suatu benda yang bergerak dipengaruhi oleh waktu. Demikian juga besarnya perpindahan benda sebanding dengan waktu. Semakin besar jarak yang ditempuh, semakin lama waktu yang diperlukan atau semakin besar perpindahan benda semakin besar juga waktu yang diperlukan. 
Contoh soal:

Perhatikan gambar di bawah ini!

Arif mengelilingi tanah lapang berbentuk persegi panjang. Panjangnya 50 meter dan lebarnya 20 meter. Setelah mengelilingi tanah lapang sebanyak 2 kali, Arif kembali ke posisi semula. Tentukan jarak dan perpindahan yang dilakukan Arif!
Pembahasan:
Keliling tanah lapang = 2(50 meter) + 2(20 meter) = 100 meter + 40 meter = 140 meter.
Tanah lapang dikelilingi 2 kali = 2(140 meter) = 280 meter.
Jarak = 280 meter.
Setelah mengelilingi tanah lapang, Arif kembali ke posisi semula karenanya besar perpindahan = 0 meter.
Silahkan di bagikan .. Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestPrint this page
Artikel Lain :  Pengertian Metabolisme Energi dan kecepatan Energi Pada Perpindahan Panas
Jarak dan Perpindahan – Gerak Lurus | admin | 4.5

Leave a Reply