Ini Penemuan Ilmiah Terbesar 2015

California – Selama setahun, banyak penemuan atau perkembangan baru di dunia ilmiah. Di 2015 ini, metode edit gen (CRISPR), Pluto, dan vaksin ebola menjadi penemuan yang disebut terbaik oleh majalah Science.

CRISPR: Clustered Regularly Interspaced Short Palindromic Repeat

CRISPR merupakan kumpulan dari urutan pengulangan DNA pendek palindromic yang ditemukan di genom bakteria dan mikroorganisme lainnya, menurut situs Harvard’s Science.  Setiap genom membawa informasi yang diperlukan untuk membangun dan menjaga organisme tersebut.

Sistem kekebalan tubuh CRISPR dapat menggagalkan serangan virus dengan menghancurkan genom. Para ahli menunjukkan bahwa metode ini bisa sangat berguna di bidang biologi karena memungkinkan para ilmuwan untuk mengedit genom dengan cara yang efisien.

Para ilmuwan dari seluruh dunia telah membuat monyet dengan mutasi tertentu dan telah mengembangkan metode baru yang berusaha untuk memodifikasi sel manusia untuk mencegah infeksi HIV-1. Hal lain yang menarik tentang teknik memodifikasi gen ini adalah bahwa cara lebih terjangkau jika dibandingkan dengan metode lain.

Artikel Lain :  Teori Fisika Hawking, Mengungkap Perjalanan Isra Rasulullah SAW