Cara Mudah Memahami Analisis Dimensi

Apakah sebenarnya DIMENSI itu sendiri dalam fisika dan bagaimana cara memahami masalah DIMENSI…??? Dimensi merupakan cara menuliskan suatu besaran dengan menggunakan lambang dari besaran poko. Analisis dimensi dalam fisika pada umumnya digunakan untuk memeriksa ketepatan penurunan persamaan. Dalam melakukan analisis dimensi, hanya besaran fisika berdimensi sama yang dapat saling ditambahkan, dikurangkan atau disamakan. Jika besaran fisika berdimensi sama maupun berbeda dikalikan, dibagi atau dipangkatkan, dimensi besaran-besaran tersebut juga dikalikan, dibagi atau dipangkatkan.

Catatan: Apa pun jenis satuan besaran yang digunakan tidak memengaruhi dimensi besaran tersebut, misalnya satuan panjang dapat dinyatakan dalam m, cm, km, atau ft, keempat satuan itu mempunyai dimensi yang sama, yaitu L.

Tabel dimensi dari besaran pokok

Pada umumnya kita menemui kesulitan dalam memahami masalah dimensi pada besaran turunannya yang lebih kompleks. Namun sebenarnya untuk memahami masalah dimensi pada besaran turunan sangat mudah, dimana kita hanya perlu memahami dimensi dari besaran pokok seperti yang ada pada tabel diatas. Misalnya untuk besaran pokok “massa” satuannya bisa berupa kg, g, mg dan saudara sejenisnya yang lain, satuan-satuan tersebut mempunyai dimensi yang sama yaitu [M]. Setelah kita memahami mengenai besaran pokok diatas,  maka kita akan dapat menyelesaikan masalah dari besaran turunannya dengan mudah.

Contohnya:

  • Kita diminta untuk menentukan dimensi dari kecepatan dan volume

Penyelesaiyan:

  • Langkah awalnya kita harus mengetahui satuan dari kecepatan itu sendiri. Karna kecepatan merupakan hasil bagi jarak terhadap waktu (m/s), dimana dimensi jarak adalah [L] dan waktu adalah [T]. Jadi dimensi kecepatannya adalah:

Kecepatan = jarak/waktu
[kecepatan] =[L]/[T] = [ L][ T ]-1

  • Volume adalah hasil kali panjang, lebar, dan tinggi. Ketiganya memiliki dimensi panjang [ L], sehingga dimensi volume adalah:
Artikel Lain :  Bocah 15 Tahun Menyederhanakan Teori Relativitas Einstein

[volume] = [ panjang ] [ lebar] [tinggi]
[volume] = [ L] [ L] [ L] = [ L]3