Apa dan Mengapa Seputar Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan rangkaian tiga buah kata yang masing-masing dapat dijelaskan sebagai berikut.

Penelitian-kegiatan memperoleh informasi yang dapat meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti dengan menerapkan cara dan aturan metodologi tertentu.

2. Tindakan-suatu siklus yang diterapkan pada objek pengamatan dengan tujuan tertentu.

3. Kelas-pada abad 18, Johan Amos Comenius menjelaskan yang dimaksud dengan “kelas” dalam konsep pendidikan dan pengajaran adalah sekelompok peserta didik yang dalam waktu yang sama, belajar hal yang sama dari pendidik yang sama. (Arikunto, 2009:2)

      Suasana kegiatan pembelajaran di kelas.

Sumber: Medanbisnisdaily.com

 

Baca juga: Pendekatan, Strategi, Metode, Model Pembelajaran dan Macam-macamnya

Apa Itu PTK?

Berikut definisi PTK menurut para ahli.

1.Hopkins (1993): PTK adalah suatu bentuk kajian reflektif, yang dilakukan oleh pelaku tindakan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakannya dalam melaksanakan tugas dan memperdalam pemahaman terjadap kondisi dalam praktik pembelajaran.

2. Kemmis dan Mc. Taggart (1988): PTK adalah studi yang dilakukan untuk memperbaiki diri sendiri, pengalaman kerja sendiri, yang dilaksanakan secara sistematis, terencana, dan dengan sikap mawas diri.

3. Rochman Natawijaya (1977): PTK adalah pengkajian terhadap permasalahan praktis yang bersifat situasional dan kontekstual, yang ditujukan untuk menentukan tindaka yang tepat dalam rangka pemecahan masalah yang dihadapi, atau memperbaiki sesuatu.

4. Suyanto (1997): PTK adalah suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan/atau meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara profesional.

   Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas bersifat reflektik dan dirancang, dilaksanakan, serta dianalisis secara sistematis, terencana oleh guru yang bersangkutan dengan sikap mawas diri untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. (Muslich, 2009:8)

Artikel Lain :  Pendekatan, Strategi, Metode, Model Pembelajaran dan Macam-macamnya

Apa Tujuan PTK?

           Berdasarkan definisi yang telah dipaparkan, Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah. Selain itu, PTK akan mendorong para guru untuk memikirkan bagaimana mereka menjalankan tugas, kemudian kritis terhadap apa yang telah mereka lakukan dari sudut pandang mereka sendiri berdasarkan situasi dan kondisi kelas yang sesungguhnya. (Muslich, 2009:10)

Apa Manfaat PTK?

Muslich (2009:11) dalam bukunya, merumuskan manfaat yang dapat diperoleh dari pelaksanaan PTK antara lain.

1.Meningkatnya kompetensi guru dalam mengatasi masalah pembelajaran yang menjadi tugas utamanya.

2. Meningkatnya sikap profesional guru.

3. Meningkatknya kinerja belajar dan kompetensi siswa.

4. Meningkatnya kualitas proses pembelajaran di kelas.

5. Meningkatnya kualitas penggunaan media, alat bantu belajar, dan sumber belajar lainnya.

6. Meningkatnya kualitas prosedur dan alat evaluasi yang digunakan untuk mengukur proses dan hasil belajar  siswa.

7. Meningkatnya pengembangan pribasi siswa di sekolah.

8. Meningkatnya kualitas penerapan kurikulum.

Mengapa Harus Guru?

Berikut beberapa alasan sehingga gurulah pelaku tindakan dalam PTK yang dirangkum oleh Masnur Muslich (2009:11-12) dalam bukunya.

1.Guru mempunyai hak otonom untuk menilai kinerjanya. Sebab, guru mengetahui seluk beluk kondisi dan situasi pembelajaran  objektif di kelas dalam rangka pencapaian kompetensi siswa.

2. Guru merupakan sosok yang paling akrab dengan kelasnya. Sebab, guru memiliki pemahaman dan wawasan mengenai “pernak-pernik” yang berada di kelasnya.

3. Interaksi antara guru-siswa berlangsung secara unik, dimana guru memberikan perlakuan yang berbeda-beda berdasarkan karakteristik siswa.

4. Temuan penelitian tradisional sering sukar diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran.

5. Keterlibatan guru dalam berbagai kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru untuk mampu melakukan PTK di kelasnya.

Artikel Lain :  Pengertian Metode Pembelajaran Edutainment yang menarik dan menyenangkan

Apa Karakteristik PTK?

Muslich (2009:12) dalam bukunya, merumuskan karakteristik PTK sebagai berikut.

1.Masalah PTK berawal dari guru, dimana diilhami oleh permasalahan yang dirasakan oleh guru sebagai pelaku pembelajaran di kelas.

2. Tujuan PTK adalah memperbaiki pembelajaran, dimana dengan adanya PTK guru akan berupaya untuk memperbaiki praktik pembelajaran agar menjadi lebih efektif.

3. PTK adalah penelitian yang bersifat kolaboratif. Guru dapat melaksanakan PTK dengan cara berkolaborasi dengan dosen LPTK maupun dengan teman sejawat.

4. PTK adalah jenis penelitian yang memunculkan adanya tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas.

5. PTK dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik pendidikan. Sebab, setelah guru meneliti kegiatan pembelajaran di kelas, mereka akan memperoleh balika yang bagus dan sistematis untuk perbaikan praktik pembelajaran. Dengan demikian, guru dapat membuktikan apakah suatu teori pembelajaran dapat diterapkan dengan baik atau tidak di kelas.

Referensi

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah: Pedoman Praktis bagi Guru Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara